Mengenal Jenis CCTV yang sering di pakai

Pasti di era seperti sekarang ini tak ada lagi orang yang masih asing dengan CCTV. CCTV sekarang ini banyak sekali dijumpai di berbagai tempat seperti kantor, jalan raya, pusat perbelanjaan, hotel hingga di rumah-rumah. CCTV sendiri memiliki fungsi sebagai kamera pengawas untuk kantor atau tempat lain yang diduga sering terjadi tindak kriminal. CCTV adalah sebuah upaya untuk menjadikan lingkungan menjadi lebih aman dan nyaman. Dengan adanya CCTV tindak kriminalitas dapat ditekan sebaik mungkin.

Jangan salah dalam membeli cctv, ketahui jenis-jenis kamera cctv yang tepat dan pilih kamera cctv yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan anda. Secara garis besar security camera berdasarkan sistemnya dibagi 2 jenis yaitu cctv analog dan ip camera – perbedaan cctv dan ip camera, berdasarkan bentuk fisik dan kegunaannya sendiri dikenal beberapa jenis cctv : Dome Camera, Bullet Camera, Box Camera, PTZ Camera, etc dan tiap jenis-jenis kamera cctv mempunyai spesifikasi dan fitur yang berbeda.

10 Jenis type kamera cctv :

  1. Dome Kamera

Diambil nama Dome karena bentuknya yang seperti kubah (dalam bahasa inggris ), tujuannya agar arah dari kamera cctv tidak terlihat atau tersembunyi tapi terlihat oleh kasat mata. Dome Kamera yang biasa dijual adalah tipe fix camera yaitu kamera yang hanya mengarah ke 1 arah, namun jenis dome kamera juga ada yang dapat berputar dengan cepat “Speed Dome“, harga cctv pun relatif jauh lebih mahal dibandingkan tipe dome fix camera.

2.  Ptz Camera

PTZ adalah singkatan dari PAN TILT ZOOM, PAN kemampuan kamera untuk dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, TILT kemampuan kamera dapat bergerak ke atas dan kebawah, ZOOM kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat, jenis kamera PTZ biasa digunakan untuk memantau wilayah yang luas dengan menggunakan 1 kamera, ini memudahkan pengawas cctv dalam memonitoring dengan menggunakan 1 kamera, karena ptz camera dapat berputar otomatis atau secara manual digerakan melalui controller.

3. Bullet Camera

 

Jenic cctv ini biasanya digunakan pada ruangan (indoor cam) dan diluar ruangan (outdoor cam) tentunya salah satu standard yang harus dipenuhi adalah tahan air. Bullet kamera dipasang pada dinding ataupun langit. Kamera jenis ini tidak dirancang untuk memiliki pan / tilt / zoom control merupakan kamera tipe fix dengan tujuan menangkap gambar dari area yang tetap.

4. Ip Camera / Network Camera

 

 

Kamera jenis ip / network baik itu dengan kabel ataupun wireless kabel dapat dipasang dengan mudah, rata-rata ip camera mempunyai tingkat resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan kamera cctv analog, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penggunaan ip kamera seperti area lokasi yang akan dipasang ip cam tipe wireless harus tercover jaringan wireless internet, dan untuk tipe ip camera dengan kabel jarak penarikan kabel ke switch hub / router hanya 80-100meter dengan menggunakan kabel utp. Beberapa kekurangan kamera jenis ip camera: 1. karena mempunyai resolusi yang tinggi membutuhkan kapasitas hard drive yang lebih besar, 2. Harga ip cam yang relative lebih mahal dibandingkan cctv kamera analog, 3. Membutuhkan alat tambahan untuk penguat penerima sinyal (untuk lokasi yg jauh atau banyak hambatan), 4. membutuhkan pengertian configurasi internet bila memasang ip camera dalam jumlah banyak.

Untuk konsultasi mengenai kebutuhan anda segera hubungi kami di nomor HP 0857 1789 1744 atau email ke info@nusalogic.com

 



Leave a Reply